MEMULAI PROGRAM MICROSOFT OFFICE WORD

MEMULAI PROGRAM MICROSOFT OFFICE WORD

 

MAS MUARAMEMULAI PROGRAM MICROSOFT OFFICE WORD – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi pembelajaran Microsoft Office Word Basic.

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih
otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang
berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat
kabar sampai dengan fax. Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.

Pada menu ini terdapat kelompok toolbar
• Clipboard
• Font
• Paragraph
• Styles
• Editing

Cara memulai aplikasi Microsoft Word

Langkah-langkah :

  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan
    Pilih
  3. Microsoft Office Word 2007.
  4. Muncul Gambar berikut

Unsur-unsur utama Layar Ms Word.


Judul Windows

Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum
dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.

Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word

Office Button
Digunakan untuk:

  • Membuat file baru
  • Membuka file
  • Menyimpan file
  • Mencetak
  • Keluar dari word

Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan
untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

Customize Quick Access Toolbar

Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar,
sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut
pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk
mempercepat pengerjaan.

Menu

Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut

Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.

Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili
perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut

Kursor

Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika
kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya
sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan

Penggulung Teks

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical
dan horizontal.

Memasukkan Teks

Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:

Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
1. Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
2. Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
3.Tekan enter untuk menambah baris kosong.
4.Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
5. Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf ( I ) atau panah

Memperbaiki Teks

Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk
menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :

Menggunakan Mouse

Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area
teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi
yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan
panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu
halaman.

Menggunakan Keyboard

Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK
dalam keadaan off.

Menyimpan Dokumen

Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button
pada Toolbar.

Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File
name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah
diketik

Menutup Dokumen


Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya,
mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office
button dan pilih Close.

Membuka Dokumen


Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan
dialog box Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look
in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan
ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah
dibuat tadi.

Keluar dari Word


Click tombol yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan
hilang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama